Clustering merupakan suatu metode untuk mencari dan mengelompokkan data yang memiliki kemiripan karakteristik (similarity) antara satu data dengan data yang lain. Implementasi clustering ini dapat diterapkan pada berbagai bidang sebagai contoh dalam hal menentukan produk unggulan. Salah satu metode clustering yang sering digunakan karena sifatnya yang relatif cepat dan mudah beradaptasi yaitu algoritma K-Means. Teknik pengelompokkan metode K-means ini sangat diperlukan oleh Distributor PT. Nasa untuk mengelompokkan produk mereka.
Selama ini PT. Nasa mengelompokkan produk dengan cara melakukan pengecekkan melalui nota penjualan dan buku laporan untuk mengetahu dan menghitung produk yang laris atau unggulan. Hal ini tidak efisien karena waktu yang diperlukan untuk menghitung dan mengecek nota dan laporan tersebut cukup lama. Penggunaan metode K-means akan mempermudah dalam mengcluster produk-produk unggulan Distributor PT. Nasa. Waktu yang diperlukan dalam mengcluster produk-produk tersebut akan lebih singkat karena perhitungan dan pengecekkan dilakukan secara komputerisasi.